Tuesday, September 30, 2014

Kelas Parenting

Kelas Parenting

Sabtu kemarin gue sama endy ikut kelas parenting yg diadakan oleh mas Angga dari Anak Juga Manusia. Awalnya memang gue tau karena gue follow FB Anak Juga Manusia yg sehari2nya suka posting tips2 tentang pengasuhan anak.

Niatan gue sama endy ikut kelas parenting ini adalah supaya kita berdua paham, ngerti harus bagaimana mengasuh anak2 kita :)

Alhamdulillah kita dapet tiketnya karena kelasnya terbatas hanya untuk 20 orang saja.

Peserta kelas parenting ini didominasi oleh ibu2 muda, bapak2nya cuma 5 orang (termasuk endy mylov :p). 

Kelas dimulai jam.10 pagi dan langsung dimulai dengan sesi kenalan antar peserta setelahnya langsung masuk ke materi. Gue mau coba sharing apa yg gue dapat kemarin.....

Anak dilihat dari tantrumnya itu ada 2 macam, ada yg berisikan EMOSI dan ada yg bertujuan STRATEGI. Cara mengatasi emosi adalah kita dekati anak dan hanya menjadi boneka saja, cukup. Agar anak dapat mengeluarkan emosinya hingga tuntas. 
Cara mengatasi strategi adalah kita mendiamkan, membiarkan, mengabaikan lahir bathin. Tidak usah kita tenangkan, coba diajak bicara tapi pura2 tidak terjadi apa2. Tujuannya agar dengan tantrum seperti itu anak merasa gagal dengan cara seperti itu shg tidak akan diulangi lagi.

Salah satunya itu sih dan gue berdua endy merasakan kelas parenting ini sangat bermanfaat banget dan weekend kemaren kita sudah mempraktekkan ke maalik :) hahaha...berhasil. Dulu itu kalo maalik teriak2 mau sesuatu gue selalu ikutan panik dan kebawa marah nah kmrn gue bisa ketawa2 sama endy aja sambil ngga kasih maalik perhatian apa2 pas dia lagi nangis dan marah.

Bismillah...kedepannya gue masih bisa menerapkan ilmu yg gue dapat dari kelas kemaren. Aamiin.




No comments:

Post a Comment