Wednesday, November 3, 2010

Cerita tentang Dr.Enud & Dr. Nyoto di RS ASRI

Ternyata antriannya bener2 bukan main ke DR.ENUD SURYANA!!!!


Gue dateng jam.8pagi baru masuk sekitar jam.stg11 dan dr.enud periksa ngga cuma sendiran, ada dokter muda yg jd pendampingnya namanya dr.satrio. Kesan pertama dokternya orang sunda, suka melucu, baik, dan sudah sangatlah tua tapi pinter gue yakin itu!!!






Dr.enud baca riwayat berobat gue udh pernah kemana aja dan sdh ke dokter kandungan mana aja, ternyata dokter gue yg di rs.brawijaya & rs.asih itu adlh muridnya, dan dokter gue yg satunya lagi dulu di rs.MMC malah skrg praktek di rs.asri juga :) dan dalam melakukan pemeriksaan dr.enud itu selalu baca bismillah, baca ayat2 Al-Quran, shalawat pas mau mulai periksa USG dalam dmn gue selalu risih & tegang, ngedenger dokternya bebacaan kaya gitu berefek ke guenya jadi lebih tenang, ngga tegang & nanti sesekali dr.enud nyuruh gue sambil baca Al-Fatihah atau surat2 lainnya, menyenangkan, menenangkan!!!


Terus dokter juga selalu manggil andy untuk ikut melihat dia periksa apa aja ke gue jd keterlibatan suami pun disertakan disini sm si dokter daaaan dr.enud itu suka bgt cerita orangnya smp gue tau kalo rs.asri itu sebagian besar sahamnya adalah milik dr.enud, hebat!!!
(ngga jarang ceritanya berulang krn beliau mmg sdh tua bgt, jd dimaklumi) setiap selesai konsultasi dokter selalu mengingatkan gue & andy u/selalu baca shalawat nabi.


Hasil dr pemeriksaan pertamanya itu gue harus menjalani DIATHERMI karena ada infeksi di rahim gue jadi gue harus menjalani diathermi sebanyak 6x dan ngga boleh PUTUS sekalipun harus berturut2 selama 6hari, ada kista yg sdh menjadi endometriosis dgn diameter 3-3.5cm, harus test darah, dan HSG sdgkan untuk andy dia dikasih vitamin hormon.


Untungnya gue berobat di rs.asri itu adalah semuanya lengkap di rs ini, proses diathermi bisa disini, radiologi untuk HSG ada disini, laboratoriumnya pun lengkap u/segala jenis test..pokonya semuanya lengkap!!!

Diathermi itu sendiri artinya :
akibat infeksi pada rongga pelvis (PID) adalah adanya perlengketan-perlengketan dari alat reproduksi disekitarnya. Diatermi berguna untuk melepaskan perlengketan ini. Efek yang diharapkan dari diathermi adalah efek penghangatan jaringan di dalam sehingga dapat melancarkan aliran darah. Hal ini jugalah yang membantu melepaskan perlengketan serta membantu melawan peradangan penyebab perlengketan.
Diatermi justru akan memperbaiki kemungkinan kesulitan infertilitas, dengan menanggulangi perlengketan misalnya akan membuka rongga saluran untuk mengalirkan sel telur misalnya dan juga jenis kelainan-kelainan lain akibat infeksi tersebut.
---berdasarkan hasil googling gue :)

Pengalaman diathermi gue itu adalah gue disuntik di antara pinggang & pant*t sebanyak 1 ampul dan cairannya itu seperti minyak jadi kebanyang yah rasa sakitnya kaya gimana :'( dan setelah suntik itu gue harus naik ke lt.2 untuk ke ruangan diathermi, setelah gue masuk ke ruangan yg hanya ada 2 tempat tidur, gue disuruh tiduran dan angkat baju dan menurunkan celana karena yg mau dipanaskan adalah antara bagian itu (tempat suntikannya) selama 20menit (biasanya gue ketiduran selama dipanasin ;p) dan kalau pd saat gue masuk ruangan itu masih sakit bekas disuntik td akibat dipanasin 20menit udahannya ngga sakit lagi :)


ok...diathermi selesai, berarti tahapan selanjutnya Histerosalpingografi (HSG) adalah pemeriksaan yang digunakan untuk memeriksa rahim dan saluran telur (tuba fallopi).
Pemeriksaan menggunakan sinar X (rontgen). HSG memeriksa adanya kelainan ukuran atau bentuk rahim yang dapat menyebabkan infertilitas dan masalah pada kehamilan. Juga dapat menunjukkan apakah ada penyumbatan pada saluran telur. Terkadang juga digunakan dalam beberapa bulan setelah prosedur sterilisasi untuk memastikan bahwa saluran tuba telah benar-benar terpisah.
Pada kasus infertilitas pemeriksaan HSG merupakan pemeriksaan minimal yang dilakukan pada istri yang memiliki siklus haid normal. HSG selain digunakan sebagai alat diagnosis bisa juga sebagai terapi dimana jika ada perlengketan atau sumbatan ringan pada rahim atau saluran telur dengan cairan yang dimasukkan perlengketan atau sumbatan bisa terbuka.


http://drprima.com/kandungan/histerosalpingografi-hsg-pemeriksaan-untuk-deteksi-kelainan-rahim-dan-saluran-telur.html

ini HSG gue yg ketiga karena sebelumnya gue udh pernah di HSG di rs.asih dan itu pun rasanya sakit sekaliii, dan HSG yg ini gue ditemenin sm nyokap krn suami sdg berhalangan hadir, gue udh SIAP lahir bathin untuk merasakan sakitnya lagi :)

Masuklah gue ke ruangan radiologinya, ada dokter perempuan yg nampak bersih & cantik dan ada susternya, gue disuruh tiduran ditempat tidur khusus, canggih ada seperti camera diatas persis perut gue pokoknya beda sama yg di rs.asih, disini alatnya jauh lebih canggih & modern. 
Awalnya gue tiduran dan kaki gue dibuka lebar untuk dimasukkan cairan (sampe skrg gue gatau kaya apa proses dibawah sana) dan pd saat dokter mau proses memasukkan cairan itulah sakitnya masya Allah...

oiya FYI gue ambil paket yg HSG tanpa bius rp.550.000 (karena kt dokter gue dulu di rs.asih kalo kita dibius jd gatau ada penyumbatan dimana, masuk akal sih tp krn di asih ngga pake difoto HSGnya), kalo mau di bius harganya rp.1.100.000 pd saat gue merasakan sakit itu hampiiiir aja keluar dr mulut gue untuk nyuruh dokternya membius gue krn sakiiit tp sblm itu sempet keucap ternyata cairan itu bisa masuk dan dokternya buru2 ke ruangan kaca sebelah untuk mengambil foto rahim gue dr beberapa posisi, dan keadaan gue saat itu lg mules yg disbbkan oleh cairan yg td dimasukkan.

Proses di ruangan itu sekitar 15-20 menit, dan setelah selesai dokternya manggil gue dan menjelaskan hasil fotonya lewat PC-nya bu dokter, katanya semua NORMAL, BAGUS, tidak ada penyumbatan tapi rahim ibu agak jauh yah ada diatas sini (sambil nunjukin foto) terus agak miring juga rahimnya 
*Ya ALLAH...adalagi nih kata2 baru buat gue --> letak rahim jauh & posisi rahim agak miring*

Saatnya gue kembali ke dr.enud & dr.satrio untuk membawa semua hasil cek darah, hasil HSG, hasil diathermi....
dan SUBHANALLAH diathermi gue membawa hasil yg menggembirakan : 
infeksi rahim sudah sembuh & endometriosisnya HILANG pas di USG sama dr.enud *jogetjoget* tapi ada berita bagus & ada juga yg jeleknya tes darah gue menunjukkan kalo kekentalan darah gue cukup kental :( = gue menderita ACA jadi dr.enud menyarankan gue u/ke dokter ahli penyakit dalam di rs.asri juga sama dr. Nyoto Widyo Astoro, Sp.PD sambil membawa hasil tes darah supaya dibacain sm dokter ahlinya & kali ini dokter menyarankan andy untuk tes sperma juga.

Dimulai cerita ttg gue harus berobat ke dr.nyoto untuk masalah ACA atau Anticardiolipin Antibodies (kondisi kekentalan darah yang menyebabkan asupan gizi gak bisa masuk kebayi kalo ACAnya positif dan sangat tinggi angkanya)

Kesan pertama dr.nyoto itu org jawa, baik, mau menjelaskan dgn detail apa itu ACA dan krn gue & andy rada2 "telmi" banyak nanya tp dr.nyoto dgn sabar ngejelasin lagi :)

Kalau angka ACA gue itu normalnya 12 dan gue di 17 jd dibilang tinggi ya agak tinggi, jd dr.nyoto kasih gue obat minum utk mengencerkan darah. Pulang dr dr.nyoto itu selalu menyenangkan krn biaya dokternya murah & obatnya itu murah2 bgt yg dikasihnya, Alhamdulillah. *senyumsenyum*
Oleh2 dr pertemuan pertama dgn dr.nyoto disuruh minum obatnya selama sebulan dan test darah lagi sebelum obatnya habis.

ALLAHU AKBAR...
perjalanan gue ketemu dr.enud di akhir juli 2010 itu akhirnya membuahkan hasil di awal september, lebaran ke-1 jadwal menstruasi gue udh telat 1 hari tapi gue & andy ngga mau ke-GR-an karena dulu ketika 3 bulan gue nikah gue pernah telat sampai 10 hari dan akhirnya gue menstruasi jadi u/ yg sekarang gue dag-dig-dug-ser menghitung hari demi hari sampai telat hari ke-4, ke-7, ke-10 gue selalu test pack dgn berbagai merk ;p dan gue test urine juga di prodia dan hasilnya (+) akhirnya ke dr.enud di hari telat gue ke-14, masuk ruangan dokter ngga bisa diboongin gue & andy senyam senyum menjawab pertanyaan2 dokter smp gue akhirnya bilang kalo gue udh test pack, test urine segala macem hasilnya (+)...
dokternya pun lgs bilang ALHAMDULILLAH dan minta gue lgs di USG dan there you are MYBEIBIBALABALA in my tummy umurnya baru 7 minggu :) 
dr.satrio pun memperdengarkan bunyi jantungnya, SUBHANALLAH...



ini MYBEIBIBALABALA dgn panjang baru 1.34cm

Pada hari itu penuh dgn senyuman dari gue, andy & para dokter :) dr.enud cuma mengingatkan untuk terus lanjut konsul ke dr.nyoto utk masalah ACA-nya dan hasil tes sperma andy yg sudah keluar hasilnya kata dr.satrio udh ngga perlu lagi dilihat hasilnya apa ;p hehehe...

Dan itulah hasil perjuangan gue selama 1 tahun 5 bulan menikah akhirnya ALLAH pun mengijinkan gue & andy untuk mendapatkan kepercayaan ini, semoga beibinya sehat selalu selama 9 bulan di kandungan gue, 


*sebagai kenang-kenangan semua hasil testpack & hasil labnya gue kumpulin & gue simpen*

amien...


2 comments:

  1. turut bahagia ya, semoga kehamilannya terus sehat sampai bebinya lahir. waah saya juga pernah berobat sama dr. enud di rs asri taun 2008-2009. tapi mungkin lom rejekinya yah.

    ReplyDelete
  2. hiii @juniati....semua usaha akan membuahkan hasil yg baik, ayooo tetap semangat Allah pasti lihat usaha kita :)

    ReplyDelete