Wednesday, April 10, 2013

Nikmatnya Makkah

Labbaik Allahumma Labbaik,
Labbaika la syarika laka labbaik,
Inna al hamda wa an ni’mata laka wa al mulka la syarika laka

Artinya adalah kami memenuhi dan akan melaksanakan perintah-Mu ya Allah.Tiada sekutu bagi-Mu dan kami insya Allah memenuhi panggilan-Mu.Sesungguhnya segala pujian, nikmat dan begitu juga kerajaan adalah milik-Mu dan tidak ada sekutu bagi-Mu

Maha Besar Allah dengan segala nikmatNYA.............

Perjalanan dari medina ke makkah kita mampir di Bir Ali tempat untuk mengambil miqot untuk niat menjalankan umroh karena begitu kita sampai di makkah akan langsung check-in di hotel, taro koper dan memperbaiki wudhu.

Allah itu Maha Baik.
Hotel tempat gue nginep itu persis didepan masjidil haram :) dan view dari kamar gue lebih detailnya karena gue tidur di paling pinggir deket kaca  jadi pemandangannya itu KA'BAH dan masjidil haram. Subhanallah :')

kamar hotelnya bagus banggetttt!

view dari kamar hotel : KA'BAH, Subhanallah

Deg-degan pastinya begitu rombongan menuju dan memasuki masjidil haram dan menjalankan sholat tahiyatul masjid dan sholat isya. Habis itu menuju ka'bah dan selagi pak ustadz membacakan doa melihat ka'bah dipastikan akan meneteskan air mata karena ka'bah yang selama ini hanya bisa dilihat kalau tidak di sajadah atau lukisan saja sekarang ada tepat didepan mata, megah, kokoh, indah............ ALLAHU AKBAR

Pertama adalah tawaf mengelilingi ka'bah
Semula yang ditakutkan adalah gue tidak menghafal bacaan saat memutari ka'bah!! terus gue baca apa yah nanti pas tawaf? tapi yakin kalau semuanya itu pasti akan dimudahkan oleh ALLAH (tips:berjalanlah disamping pak ustadz, jangan mau diselak, kalau terlepas jangan panik berlarilah ke samping pak ustadz, keukeh aja pokonya disamping pak ustadz secara ini ke-19 kalinya dia umroh pastilah hafal ngelotok bebacaannya. sekian tips dari saya)
Berbarengan dengan ribuan orang yang mengelilingi ka'bah dan gue selalu merinding dan nangis pada saat melintas di pintu ka'bah dan mengucap : "BISMILLAHI ALLAHU AKBAR
Setelah selesai tawaf kita semua sholat menghadap ka'bah dan Subhanallah rasanya....... selesai sholat kita menuju ke tempat sa'i dan melewati tempat pengambilan air zam-zam dan nikmatnya disini adalah membasahi kerudung atau mencuci muka dengan air zamzam, segar!

Kedua adalah sa'i. Sa’i adalah salah satu rukun ibadah haji dan umrah. Praktiknya, sai dalam Umrah dilakukan dengan berlari-lari kecil atau berjalan antara dua buah bukit, yaitu Bukit Shafa dan Bukit Marwah, dengan niat ibadah.

Perintah sai berdasarkan pada keterangan-keterangan berikut ini.

Firman Allah Swt. dalam Surat Al-Baqarah (2) ayat 158, “Sesungguhnya Shafa dan Marwah merupakan sebagian Syi’ar-syi’ar (agama) Allah...”

Sabda Rasulullah saw., “Kerjakanlah Sa’i karena Allah Swt mewajibkan sa’i kepada kalian.” (HR Ibnu Majah, Ahmad, dan Imam Syafi’i)

Sejarah sa’i dapat ditilik dari perjalanan istri Nabi Ibrahim, yaitu Siti Hajar, mencari air minum untuk putranya yang kehausan. Hajar berlari bolak-balik antara Bukit Shafa dan Marwah di tengah terik panas matahari.

Dia berlari sebanyak tujuh kali sebelum akhirnya mendapatkan air. Putaran tersebut dimulai dari Bukit Shafa dan pada hitungan ketujuh akan berakhir di Bukit Marwah. Saat ini, tempat lari tersebut telah menyatu dengan Masjidil Haram.

(pengertian sa'i diambil dari sini

Menjalankan sa'i harus penuh semangat seperti semangatnya siti hajar dalam mencari air zam-zam untuk anaknya. Bener kata temen serombongan gue yg umroh kali ini adalah umrohnya yg kedua, umroh itu sangat membutuhkan fisik yg kuat makanya kalau memang masih muda dan sehat dan mampu pergi umroh cusss pergi aja deh karena bener aja saat sa'i itu kita harus bersemangat mengelilingi bukit shafa & marwah itu yang sangat panjang jaraknya dan naik turun bukitnya. Capek pasti tapi baiknya jangan dihitung sudah berapa putaran kita mengelilinginya...intinya semangat :)

Selesai sa'i adalah saatnya tahalul : menggunting rambut sebanyak-banyaknya kata temen satu rombongan supaya helai rambutnya itu menjadi penerang di alam kubur (rasanya mau gue botakin aja nih rambut biar nantinya di kubur terang benderang -__- hehehe) dan SELESAI umroh pertama...yeaaayyy! Alhamdulillah.... senengnya selesai umroh itu kita saling memberikan selamat satu & lainnya.

Day-2
Telat sholat shubuhnya :( karena td malam selesai umroh itu jam2pagi jadi cuma sholat di kamar. Setelah sarapan di hotel yang bagus banget ini kita serombongan akan jalan-jalan ke kebun kurma karena endy sudah wanti-wanti jangan beli apapun di kebun kurma yah, MAHAL! yaudah gue cuma liat2 aja dan nyobain korma yang tester sampe kenyang :D dari situ kita diajak (hanya lewat) melihat gua hira, dan berhenti untuk berdoa di jabal uhud. Naik onta yang didandanin bak penganten itu di jabal rahmah dan perjalanan lanjut ke padang arafah & bukit mina.

Karena hotel kita adanya diatas mall grand zam-zam tower yang semuanya lengkap ada dijual apalagi jam tangan swatch yang harganya jauh lebih murah daripada di jakarta *uhuk* hehehe selain swatch ada mothercare, mac & toko parfum dimana-mana terus enaknya travel umroh gue ini adalah selama gue dari dubai-medina-makkah ini makanan yang disediakan adalah makanan indonesia yang semuanya enak. Alhamdulillah..ngga ada masalah kalau di makanan. Kejadian yang aneh adalah gue ngomong ke temen gue persis di depan  makanan saat makan siang kalo gue kepengenan ikan asin dan begitu di kamar hotel gue juga bilang ke mama & suami dirumah kalo hari minggu nanti gue pulang tolong disediain ikan asin. Wakwaaaw..besok pas makan siang restoran tempat kita selalu makan prasmanan di food court mall yg dibawah hotel itu menunya adalah IKAN ASIN segunung sodara-sodara :''''') Allah Maha Besar........
Bener memang kalau orang bilang di makkah itu adalah cash & carry, apa yang lo pikirkan atau diucapkan maka akan langsung kejadian :)

Sorenya kita akan melaksanakan umroh yang kedua kalinya dan sudah ambil miqot pada saat pulang ziarah tadi siang. Alhamdulillah semua dilancarkan, dimudahkan oleh Allah umroh kedua ini :)

Day-3
Hari ketiga ini adalah hari jumat dan gue berniat merasakan sholat jumat di mekkah jadi mulai dari jam.10 kita sudah di masjid beritikaf karena di makkah kalau hari jumat itu adalah hari libur jadi masjid sangat ramai dari hari biasa dan lucunya menunggu jam.12 didalam masjid itu banyak orang2 yg membagikan korma gratis :) senangnya gue hidup disini :)

Habis sholat biasanya gue selalu mampir ke bindawood jajan semua yang aneh-aneh dan murah harganya yang ngga ada di jakarta :D banyaknya sih makanan yang gue beli -___- *ketebak deh cin

see... mau pulang ke hotel tentengan di tangan plastiknya bindawood ;p

WIFI didalam kamar enak banget...cepet! biasanya gue di kamar itu selain tidur2an sambil maenan aypon kalau ngga buka koper dan nyusun isi koper, buka-rapihin-isi-susun lagi ternyata gue kayanya agak sedikit OCD deh pernah suatu malam gue udah ngantuk tapi sebelum gue tidur gue lihat koper gue dalam keadaan terbuka dan barangnya berantakan di sekelilingnya, gue udah di kasur mau merem tapi pikiran gue ke koper akhirnya gue menghabiskan 1 jam buat bebenah koper, susun & lipat kecil2 dan........rapih. Baru deh bisa tidur...Sakit! hahahahaha

Nah ini malam terakhir gue di makkah :(
Habis sholat isya, makan, naik ke kamar buat packing karena sebelum jam12malam koper harus sudah di luar kamar dan akan diambil sama bell-boy dan gue pun ketinggalan -__- karena sibuk packing yg tak kunjung selesai, ISTIGHFAR...

Jam3pagi  kita bangun tanpa mandi hanya berwudhu saja dan kita rombongan akan melaksanakan tawaf wa'da atau tawaf perpisahan sama ka'bah :( huhuhuhu....ini bagian yang paling menyedihkan karena setelah tawaf wa'da kita kan sholat sunnah menghadap ka'bah dan saat sujud itu........................... Semoga akan diizinkan kembali ke 2 kota suci ini makkah & medina ya Allah, amien :')

Selesai tawaf wa'da kembali dong tante sibuk sama koper yang beratnya seberat dosa...hufffttt! Ampun ya Allah.. hehehe lumayan deh nenteng koper ke bis dan Alhamdulillah orang travelnya mau ngebantuin bawa kopernya (semoga ikhlas ya mas..hahaha)

Perjalanan dengan bis ini kita menuju kota jeddah dan akan sholat shubuh di masjid terapung karena waktunya yg mepet jadi disini cuma tujuannya ke masjid ini saja lalu kita ke airportnya jeddah menuju dubai lagi.

sholat shubuh di masjid terapung, jeddah

dan sarapan di bis setelah sholat shubuh :)

Perjalanan 3 jam jeddah-dubai dan transitnya di dubai adalah 4 jam, glek! Untung dubai yah sodarah-sodarah banyak tempat buat buang sisa dirhamnya *tsaaaah...beli parfum 3 botol aja belaguk yeee* coba 4 jam di soetta paling gue buang duit buat makanan ajehhh ;p ....kembali nyinyir yuuuk, hahaha

Terus kecanggihan airport dubai adalah ada monorail didalemnya...MEJIK! dan karena sepi inilah foto saya

berasa yang punya deh gue... ;p

Markipul....
Bismillah...semoga selamat sampai di jakarta dan bertemu orang yang kusayang dan kurindukan :)