Thursday, December 12, 2013

Hamil Kedua

Cobaan di hamil kedua ini adalah GULA gue TINGGI. 

Ketauan setelah gue disuruh cek daran dan gula sama dokter satrio dan wakwaaw angkanya tinggi banget. DIET! ngga boleh makan nasi putih lagi sama dokter satrio, harus diganti nasi merah dan gue dirujuk ke dr.nyoto (dokter gue dulu pas hamil pertama karena gue ACA) untuk masalah gula tinggi ini.

Sedikit info tentang Diabetes Mellitus ini :

Diabetes memang kerap kali menyerang ibu hamil. Masalahnya, ketika hamil, diabetes juga bisa berpengaruh terhadap janin. Apa saja sih risiko yang mungkin terjadi jika seorang ibuhamil terkena diabetes?

Risikonya pada Ibu. Untuk calon ibu, risiko yang mungkin terjadi akibat diabetes adalah:
  • Pre-eklampsia.
  • Persalinan  prematur
  • Cairan ketuban berlebihan (hidramnion).
  • Infeksi saluran kemih.
  • Infeksi vagina berupa keputihan karena jamur yang berulang.
Risiko pada Janin. Apapun yang terjadi pada calon ibu, janin pasti turut merasakan akibatnya. Hati-hati, sebab diabetes bisa membuat janin di perut Anda mengalami:
  • Pertumbuhannya terhambat.
  • Lahir besar atau giant baby (makrosomia) sehingga harus dilahirkan secara caesar.  Ini akibat janin menerima pasokan gula berlebih dari ibu, diubah menjadi protein dan lemak, sehingga membuatnya  besar.
  • Cacat bawaan, peluangnya 3 kali lebih besar dari kehamilan normal.
  • Meningkatnya kadar bilirubin.
  • Sindroma gangguan napas. Kelebihan insulin menghambat kerja hormon kortisol yang berfungsi mematangkan paru-paru janin. Akibatnya, paru-paru janin belum matang di usia 38 minggu. Risikonya, terjadinya sindroma gawat napas. Cegah dengan melakukan pemeriksaan air ketuban untuk memantau kematangan paru-paru janin.
  • Kekurangan glukosa dan kalsium.
  • Kelainan jantung.
  • Kelainan neurologik dan psikologik pada bayi di kemudian hari.
  • Kematian mendadak di kandungan (sudden death), akibat darahnya kekurangan oksigen dan kelebihan asam laktat. Ini risiko jika kadar gula darah ibu tidak terkontrol.

DM ini ada karena gue hamil kata dokter satrio dan setelah gue baca apa itu DM....OMG, ngeri juga yah! Nyesel kemaren nyolong2 gue makan es cincau yg manis :(

Minggu depan gue akan test darah yg kedua setelah kmrn ketemu dr.nyoto dan nanti hasilnya baru akan dilihat dan diputuskan apakah gue harus disuntik setiap hari atau cukup dengan obat aja.

Apapuuun yg terbaik buat babybombom akan gue lakukan. Semangattt!!!

No comments:

Post a Comment