Sunday, June 17, 2012

Trigger Finger

Tadinya gue ngga mau cerita ttg Trigger Finger-nya maalik ini krn gue pikir akan bisa sembuh kaya kalo gue pusing/sakit kepala trs minum obat pusing ternyata TF ini setelah maalik gue bawa sabtu kemaren ke Ahli Bedah Tulang (Orthopedi) dr. Muki Partono, SpOT. di rs. jakarta hasilnya adalah harus dilakukan operasi kecil untuk kesembuhan maksimal :(

TF sendiri itu adalah ini...

 


Kaku karena Menyempit
Menurut Muki, trigger fingeradalah kondisi di mana jari tangan menekuk dan tidak bisa diluruskan kembali secara spontan (jari seperti terkunci). “Ibarat pelatuk, tertekuk dalam posisi terkunci,” ujar dr Muki. Trigger finger sendiri terjadi akibat adanya suatu penebalan pada pulley atau selubung urat (tendon) pada jari No. A4 dan berakhir pada penyempitan.
Dari situs kesehatan WebMD dijelaskan bahwa tendon pada dasarnya memang selalu bergerak mengikuti setiap gerakan jari jemari tangan dibantu oleh semacam pelumas bernama synovium. Setiap kali pula jari tangan bergerak, tendon pun bergesekan dengan selubungnya (tendon sheath). Seiring intensitas penggunaan jari tangan yang cukup lama, pulley pun menebal sehinggga pelumas yang harusnya masuk tak bisa “lewat“ sebab jalurnya mengalami penyempitan.
“Oleh karena urat yang terjerat dan dipakai terus maka dampaknya terjadi penonjolan terhadap urat itu sendiri. Penonjolan itulah yang menyebabkan urat terkunci pada saat menekuk benjolan tadi. Urat “dipaksa” melewati pulley-nya tapi pada saat ia meluruskan, jarinya malah terkunci,” terang Muki.

Bisa Terjadi Pada Bayi
Trigger finger juga bisa terjadi pada anak-anak, khususnya bayi. Anak yang mengalami trigger finger, secara anatomi pulley-nya mengalami penyempitan. Penyempitan ini terjadi karena kelainan di rahim. Jadi bagi para ibu yang baru melahirkan anak, sudah seyogianya memerhatikan pertumbuhan fisik bayi, terutama pada jari-jari tangannya.
Jika Si Ibu melihat atau merasakan jari bayinya cenderung menekuk, harus segera diwaspadai. Kalau ibu jarinya itu tidak bisa diluruskan dengan mudah dan kaku, ada kemungkinan Si Bayi mengalami trigger thumb kongenital. Jika benar, harus dilakukan operasi segera. Sebab ini tidak bisa diatasi dengan cara konvensional, seperti Si Ibu mengusap-usap ibu jari anak hingga lurus kembali, misalnya. Pasalnya pulley anak sudah terkunci sejak dalam kandungan.

Sumber dari sini

Ini jarinya maalik...

lihat tangan kirinya (sebalah kanan kalo di foto ini, jari manisnya menekuk)

Kemarin pas gue masuk ke ruang praktek 

dr. muki : kenapa bu anaknya?
gue : ini dok jarinya menekuk, ngga bisa otomatis lurus
dr. muki : jari yang mana? jempol?
gue : bukan dok, jari manisnya
dr. muki : *diam-berpikir sebentar-liat jarinya maalik dari jauh* mmm, jari manis? mana coba lihat *langsung mendekat dan fokus ke jarinya maalik & langsung melihat ke tellapak tangannya dan ini Trigger Finger
gue : yakin dok ini TF?
dr. muki : yakin, ibu lihat sini ke telapak tangannya ada jendolan kan? ini harus di operasi bu kalau mau sembuh maksimal, ga usah takut ini operasi kecil banget kok

Ngga tau kenapa yah aura dokter ini meyakinkan banget atau apa karena gue udah baca semua artikelnya ttg dia di gugel yg semuanya positif, keliatan banget percaya dirinya dan pinternya, disamping itu dokternya masih muda dan cakep #eaaaakkk HAHAHAHA serius dokternya itu berkarisma deh :)

Gue yang ketakutan karena dr. muki bilang kalo ngga segera di operasi nanti jarinya bisa terhambat pertumbuhannya, jari yg lain bisa normal menekuk & lurus sdgkan yg jari manis ini menekuk & butuh "usaha" untuk lurusnya itu yg bisa menghambat pertumbuhannya. Begitu dokternya tanya kapan mau di operasi lgs aja gue jawab yaudah dok secepetnya aja dan tersebutlah hari senen (2hari lagi). Ok jadwal sdh dibuat dan udah beres. Pulanglah gue berdua maalik naik teksi karena tadi gue di drop sama endy dan dia pergi ngajar.

Begitu di teksi gue bbm dong bapaknya maalik & dia lgs KEBAKARAN JENGGOT denger anaknya udah gue jadwalin mau di operasi. Ini keselnya gue sama endy, dia kemaren milih untuk ambil kerjaan dan percaya sama gue untuk membawa maalik ke dr. muki NAH begitu gue udah ambil keputusan baru deh dia "sibuk". Curhat deh gue ;p 
Keselnya gue itu kemaren2 begitu kita curiga kalo jarinya maalik itu TF (nyokap gue sebenernya yg gugling tentang trigger finger ini (thank you mah ada manfaatnya juga tuh ayped nempel terus di tangan yah...hehehehe *dilempar pake sendal rumah*)) gue pun langsung browsing2 ttg TF ini dan saran nyokap adalah dr. muki selain terkenal dan kalo gue gugling ttg TF nama dr. muki-lah yg keluar. Teruuus Endy ngapain? Kemana ajaaaah? Auuukkk deh dark *emosiiihhhh* Baru kemaren deh dia serius dalam arti kata sebenernya nanya2 sana sini ttg TF ini & seharian sabtu itu gue udah keburu males mau tau dia ngapain aja, gue tinggal aja ke sency beliin maalik stroller enteng di mothercare (pake cc endy juga sih...HAHAHA bodo amat!).

Minggu pagi-siang pun masih GTM gue ke endy. Pelan-pelan dia coba ngomong sama gue kalo dia mau bawa maalik ke Dr. Ucok P. Siregar (Orthopedi Anak) dia kasak-kusuk sendiri karena tau gue udah ogah mau tau ;p endy pun juga akhirnya setuju setelah diskusi sana-sini juga kalau untuk sembuh maksimalnya itu adalah di operasi. Dalam minggu ini endy akan bawa maalik ke tempat prakteknya dr. ucok yg di rs. medistra dan menurut cerita2 yg gue baca itu antrian ke dokter ini sangatlah heboh nomer antriannya itu bicara puluhan, maalik di minggu ini dapet no.26 kalo ngga salah, doakan kami yah teman-teman :) jadi ceritanya akan bersambung yaa...

1 comment:

  1. Lanjutannya gmna ya ini?
    Anak saya juga ada indikasi kena trigger finger di kedua ibu jari tangannya

    ReplyDelete