Monday, November 8, 2010

pengalaman pertama HYPNOBIRTHING

awalnya gue hanya tau HYPNOBIRTHING itu adalah mensugesti diri sendiri dgn kata2 positif tp gue pun meragukan hal itu, dalam pikiran gue "apa iya bisa sampe segitunya hanya dgn ngomong sm diri sendiri?" sampai suatu hari teteh sepupu gue @mrsdayan men-tag nama gue di iklannya Kelas Hypnobirthing (Privat) by Evariny Andriana CHt, mulailah gue mencari tahu dan akhirnya sambil ngga ngerti apa2 gue kirim email u/pendaftaran diri ke mba eva.


nih iklannya dia :

Kelas Hypnobirthing Kilat (6 & 7 November)

Wednesday, September 29th, 2010 Dikirim oleh Evariny A. (viewed: 682 , 1 today) Instruktur : Evariny Andriana CHt (certified hypnobirthing & SEFT practitioner; penulis buku bestseller “Melahirkan tanpa rasa sakit dengan metode hypnobirthing”)
Biaya : Rp 650.000,- per couple
Maksimal peserta hanya 8 couple.
hari ke 1 : Sabtu 6 November jam 13.30-16.30
hari ke 2 : Minggu 7 November jam 09.00-12.00
Lokasi : Jakarta Selatan
Komp. Taman bona indah, Lebak bulus, (peta dan alamat lengkap akan diberikan setelah pembayaran diterima)

Materi sama dengan kelas private, hanya jatah konsultasi private bisa dilakukan via telp/sms/email setelah pelatihan.
Tapping energy / metode SEFT akan diajarkan agar dapat melakukan sendiri.
Fasilitas peserta :
1. CD panduan hipnosis (format mp3) untuk :
- kehamilan dan melahirkan nyaman (sesuai pilihan peserta)
- panduan relaksasi di ruang bersalin
- panduan relaksasi untuk ketenangan diri
- panduan komunikasi dgn janin saat melahirkan
- panduan utk kelancaran ASI
- panduan persiapan operasi cesar (jika dibutuhkan)
- panduan pasca melahirkan (menghindari baby blues)
- panduan pijat sentuhan (endorphine)
- panduan relaksasi suami agar siap dan tenang
2. Pendulum 2 buah untuk melatih fokus
3. Makalah pelatihan hypnobirthing
4. Script untuk suami sebagai pendamping
5. Minyak utk pijat perineum (vagina)
6. Berhak utk mengikuti kelas privat hypnoparenting (berlaku selamanya) dengan harga spesial
Apakah sebenarnya Hypnobirthing ?
“Hypnobirthing bukan sihir, bukan ilmu hitam, bukan hal yang musyirik. Justru sebaliknya, ibu dan suami diajak agar semakin mendekatkan diri pada Tuhan karena ibu diajarkan untuk melakukan relaksasi mendalam, bersikap ikhlas dan melakukan sugesti agar proses kelahiran berjalan normal, tenang, lancar, nyaman”
Apa manfaat Hypnobirthing?
-Meningkatkan kadar endorphin untuk mengurangi rasa nyeri, sehingga proses persalinan berlangsung nyaman dengan sakit minimal
- Kondisi rileks, tenang, positif dan damai dirasakan oleh janin sehingga bayi tenang dan tidak rewel
- Sarana untuk berkomunikasi dengan janin selama dalam kandungan, dapat mencegah posisi sungsang maupun lilitan tali pusat
- Mencegah robekan/jahitan pada vagina
- Mengurangi tindakan bedah cesar
- Mencegah kekurangan oksigen pada bayi, sehingga berpengaruh pada pertumbuhan otak bayi
- Memperlancar ASI
- Mempercepat proses penyembuhan bekas operasi cesar (jika terpaksa operasi cesar)
- dan masih banyak lagi
Kapan saat yang tepat untuk memulai?
“Sebaiknya sejak awal kehamilan. Karena ibu jadi punya waktu banyak untuk latihan sendiri. Namun tidak ada kata terlambat, walau due date sudah dekat, hypnobirthing juga berfungsi untuk ASI, menghindari baby blues dan pola pengasuhan anak.”
Apa itu SEFT?
SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique) adalah metode tapping energi di jalur2 akupunktur yang berfungsi untuk penyembuhan penyakit fisik maupun emosi.
Testimonial :
“Dengan metode Hypnobirthing, persalinan berlangsung relatif cepat dan tanpa keluhan nyeri yang hebat. Hal ini sangat mempengaruhi kualitas bayi yg dilahirkan, krn terhindar dari kekurangan oksigen (asfiksia) selama proses persalinan sehingga perkembangan otaknya lebih baik”
dr.Boy Abidin SpOG
Ahli Kebidanan dan Kandungan
RS.Mitra Keluarga Kelapa Gading 
“Jam 3 ke rumah bersalin, ternyata setelah diperiksa sudah pembukaan 6. Saya tidak merasakan apapun, sampai pembukaan 9 kondisi saya masih normal. Saat dokter datang, mulai terasa kontraksi, lalu saya mengejan 2 kali tanpa perlu tenaga besar…sepertinya bayi ingin keluar sendiri. Cuma 5 menit… melahirkan memang mudah!”
Erika Zaman (ex client)
MATERI (materi yang detil akan di email setelah pembayaran diterima)
- Perkenalan Hypnobirthing, cara kerja alam bawah sadar, teori ikhlas, aura & energi
- SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique) tapping energi untuk penyembuhan
- Informasi kehamilan, perkembangan janin, proses kelahiran, bedah cesar, obat bius
- Test kemampuan sugesti
- Teknik relaksasi lanjutan
- Latihan Ideo motor
- Komunikasi dengan janin
- Latihan relaksasi (basic hingga relaksasi dalam)
- SEFT saat hamil dan bersalin
- Persiapan persalinan dengan hypnobirthing
- SEFT saat melahirkan dan accupressure
- Perineum Massage (pijat vagina untuk melenturkan otot dan menghindari jahitan/robekan)
- Relaksasi pijat Endorphin (pijat sentuhan untuk mengeluarkan hormon endorphin/penghilang rasa sakit alami tubuh dan oksitosin untuk memperlancar ASI)
- Informasi IMD (Inisiasi Menyusui Dini) dan tata cara yang benar
- dan banyak lagi

Pengalaman gue di hari pertama :

diantar sama mamaku ke lokasi karena suami gue lg ada kerjaan jd ngga bisa nemenin & setelah gue tanya ke mba eva suami diwajibkan hadir di hari kedua jd hari pertama gpp tidak sama suami asalkan jangan sendirian!!!

gue datengnya kecepetan setengah jam karena gue emg berangkatnya dr PIM :p gue menjadi org yg pertama datang jd ada waktu buat kenalan lgs sm mba eva (terapisnya) yg ternyata orgnya masih muda, kurus, cantik. sejauh mata memandang rumah yg gue datengin ini nyaman bgt (rmh orgtuanya mba eva), banyak AC-nya jd dingiiin, kursi2 sudah disusun rapi sebanyak 16kursi karena peserta dibatasi hanya 8 pasang dan ada kasur+bantal2 yg nampak empuk diatas karpet -___-'' lgs ngantuk! hehe.. snack dr monami juga lgs dibagikan, jam2 teng kelas dimulai padahal ada 3 pasang pasutri yg blm datang tp kata mba eva : saya biasanya mmg tepat waktu dlm memulai kelas. GOOD. 

semuanya datang dgn suaminya masing2, dan cuma gue yg sama ibu'e ;p hari pertama kebanyakan teori dan teori tp semuanya PENTING! 
intinya kita harus TENANG, RELAX dan FOKUS sama kesehatan baby yg ada di dalam perut

Hari kedua :
 
Jam.8pagi udh cerewet minta berangkat sama andy, soalnya mba eva ini bener2 disiplin waktu, kmrn pesannya mba eva sarapan yg cukup untuk para suami karena kelas hari ini FULL OF PIJAT-MEMIJAT :) *jogetjogetgirang*

Yaaak...kepagian 30menit ;p *nggaberaningelirikandy* hehehe.. udah banyak yg datang, mereka trauma kayanya kmrn ketinggalan materi.

Pas masuk ke rumahnya seperti kmrn kursi+kue+kasur+bantal udah rapih & tmn2 gue yg kmrn lg ngobrol sm mba eva, tanya jawab seputar kehamilan & melahirkan.

Jam.9 TENG kelas bener2 dimulai... gue memperkenalkan andy ke mba eva & tmn2 semua. Materi pertama itu tentang terjadinya kontraksi, proses pembukaan 1-10 sampai dgn melahirkan, satu kata untuk semuanya = NGILU!

Jadi digambarkan (slide per slide) proses melahirkan, bagaimana sampai vagina itu digunting untuk jalan keluarnya baby tapiii ada pijatan yg bisa membuat vagina itu tidak robek/digunting, pijatan ini bisa dilakukan sendiri ataupun dibantu sm suami, dikasih minyaknya juga untuk pijat sm mba eva pakai virgin coconut oil.

Pijatan selanjutnya itu dgn metode SEFT dgn cara tapping di titik2 tertentu (ada di materinya jd kalau lupa bisa nyontek), dgn tapping ini bisa memperlancar/mempercepat pembukaan pd saat proses persalinan dan ini harus dibantu suami..yaeyaalaah ;p

Terus para suami diajarin cara memijat untuk relaksasi, membangun ikatan antara ibu-bapak-baby :) and THAT'S THE BEST PART! untuk ini ada CDnya khusus sbg musik & panduan memijatnya, meyenangkan sekali... kata mba eva semakin sering pijatan ini dilakukan oleh suami maka semakin banyak hormon endhorpine yg dihasilkan o/tubuh si ibu.

"Meningkatkan kadar endorphin untuk mengurangi rasa nyeri, sehingga proses persalinan berlangsung nyaman dengan sakit minimal"

Sebaikanya pijatan yg ini dilakukan setelah sholat shubuh atau malam pd saat mau tidur baiknya sambil menyalakan aromatherapy (wangi2annya pun ada aturannya, misalnya wangi jasmine tidak boleh utk kehamilan trimester pertama & kedua krn bisa memacu timbulnya kontraksi, disarankan dipakai pd trimester ketiga/pd saat pembukaan agar rilex), pd saat dipijat si ibu tidak memakai baju agar pijatan maksimal mengenai titik2 yg dimaksud :) *senyum penuh hasrat* 
pokonya pijatan ini diakhiri dgn posisi gue duduk di depannya andy dgn tangan kita bertemu di perut dgn tujuan supaya babynya tau kalau kita berdua sangaaat sayang & ingin mencurahkan rasa kasih sayang kita berdua untuk babynya  :") gue nangis loh pas gerakan tangannya andy diperut gue soalnya mba eva sambil ngomong macem2 diiringi musik yg menenangkan itu, intinya mba eva ngomong ini --> terimakasih baby, sudah memilih kita sebagai calon orangtuanya (gue inget betapa gue & andy sangat menunggu kehadiran baby ini) dan terimakasih kpd suami yg sudah menjaga ibu+babynya dgn sepenuh hati...tess *airmata gue netesss..inget betapa andy itu baikkk bgt* terakhir para suami suruh cium istrinya sbg tanda terimakasih krn sudah mengandung calon anak mereka & andy myLove dia cium pipi gue dan bilang I LOVE YOU gendut *meleleh langsung gue seketika*
(((Terimakasih ya Allah sudah mengirimkan andy menjadi suamiku, insyaAllah akan menjadi bapak dr anak2ku kelak...amiiien)))

Selesai sesi pijatan td, selesai juga kelas di hari itudehhh...
Menurut gue ikutan kelas mba eva ini bener2 bermanfaat bgt buat gue & andy jadi bagi ibu2 yg sedang hamil cari tau deh kelas hypnobirthingnya mba eva yg setau gue dia buka kelas setiap bulannya.

& Tentang wangi2annya ntr gue sharing deh mana yg baik untuk kehamilan trimester pertama, kedua & ketiga, ditunggu yah...


3 comments:

  1. ngga sengaja baca ini waktu lagi googling iklan kelas aku sendiri... jadi terharu :)
    makasih ya mbak cindy.. aku dibilang kurus hahaha...

    mohon ijin untuk copy paste tulisan mbak cindy ya.. dan semoga semuanya lancar dan sehat selalu. aminnn

    love - evariny -

    ReplyDelete
  2. hmmm ternyata hamil itu bikin deg degan ya? ^^

    ReplyDelete
  3. Aku tertarik ikuta juga neh. Thanks infony ya :)

    ReplyDelete